Multicursor - Busy

Tuesday, May 14, 2013

Membangun kekuatan pikiran bawah sadar kita

Alam bawah sadar (unconscios mind) disebut juga pikiran bawah sadar atau pikiran batin. Merupakan pasangan pikiran sadar, bisa juga menjadi lawan dari pikiran sadar. Kesalahan pengelolaan kedua jenis pikiran ini bisa menyebabkan kedua jenis pikiran ini saling melemahkan, padahal seharusnya saling menguatkan demi mendukung kehidupan yang baik dan berkwalitas. Perbedaan kecerdasan kedua belah pikiran inilah yang menjadi penyebab utama keduanya berada pada psosisi yang saling bersebrangan, terjadinya adu kekuatan, sehingga memunculkan problem kehidupan yang seolah olah problem itu sulit dikendalikan dengan kekuatan rasional otak manusia.
Banyak orang tidak menyadari bahwa perilaku dan karakter dirinya 88% (delapan puluh delapan persen) dipengaruhi oleh kekuatan bawah sadarnya dan sisanya sebesar 12% (dua belas persen) dikendalikan oleh kekuatan pikiran sadanya. Umumnya orang berkonsentrasi penuh mencerdaskan 12% pikiran sadarnya dengan biaya yang cukup mahal, sementara 88% kekuatan bawah sadarnya dibiarkan terjun bebas mencari ilmu sendiri atau bahkan dibiarkan dalam waktu lama menjadi mahkluk yang bodoh. Maka pada suatu saat terjadi benturan, adu kekuatan antara si sadar dan bawah sadar, dapat kita bayangkan kira-kira mana yang akan memenangkan pertarungan ini? Yang 88% atau yang 12% ?.. yup kita sepakat, tentu saja yang menang adalah yang memiliki kekuatan besar, yaitu kekuatan alam bawah sadar.
Ok kawan dan saudaraku semua, mohon maaf di sini saya tidak bermaksud membahas pengertian pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, perbedaan serta pengaruhnya dalam pembentukan karaktar seorang manusia. Kalau ada umur panjang kita kupas secara lebih dalam hal tersebut pada tulisan yang khusus, di sini saya hanya ingin mengungkapkan beberapa teknik dasar yang bisa digunakan untuk mencerdaskan kekuatan bawah sadar tersebut. Tentu saja cara mendidik kekuatan bawah sadar tidak sama dengan teknik mencerdaskan kekuatan sadar yang selama ini kita kenal. Langsung saja, berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membangun kekuatan bawah sadar demi mendukung kehidupan yang lebih baik, baik dalam hal kesehatan, keuangan serta keharmonisan hubungan secara sosial, teknik tersebut antara lain :
1. Afirmasi
Afirmasi adalah penrnyataan positif tentang diri, kalimat afirmasi harus dalam bentuk kalimat positif bukan negasi, misalnya “saya bahagia” bukan “ saya tidak sedih”. Para ahli yang membidangi kekuatan otak percaya bahwa afirmasi memiliki pengaruh kuat dan baik untuk kesuksesan seseorang. Afirmasi yang benar bisa mempengaruhi pikiran seseorang menjadi berpikiran positif, kemudian memancarkan gelombang yang positif, dan menarik akibat positif bagi orang yang melakukan afirmasi tersebut.
Secara umum afirmasi bisa melahirkan keyakinan diri, menyebabkan seseorang merasa bahagia, senang, tenang dan seksama. Maka efek selanjutnya adalah orang tersebut memiliki kemampuan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dan menemukan jalan keluar dari masalahnya. Dengan kepercayaan diri yang kuat orang tersebut menjadi menonjol diseluruh asfek kehidupannya baik secara keuangan, kesehatan dan pergaulannya.
2. Binaural Beats
Binaural beats secara ringkas adalah musik yang memiliki ketukan tertentu yang dididengarkan pada kedua telinga. Kemudian pesan binaural tadi akan ditangkap oleh otak, kemudian akan diproses lebih lanjut, kemampuan otak menangkap pesan yang terdapat dalam music tadi menyebabkan terjadinya kondisi otak sehingga kondisi otak yang sudah berubah lebih baik tersebut akan mempengaruhi karakter menjadi lebih baik pula. Karakter yang baik dan benar akan menghasilkan akibat yang baik pula.
Perlu diketahui, ada pesan-pesan yang bisa ditangkap oleh otak dan pesan itu tidak bisa dikirim melaui kemampuan verbal dan visual,kemampuan ini dikenal dengan istilah sublimasi. Akan tetapi musik yang dirancang sedimikian rupa mampu menyampaikan pesan yang tidak bisa disampaikan melalui verbal dan visual tadi. Efek yang yang dirasakan secara langsung dengan binaural beat ini adalah kondisi gelombang alpha otak, sebuah kondisi yang ideal agar pesan-pesan positif citra diri seseorang dapat diterima oleh pikiran bawah sadar
3. Autosuggestion
Auto sugestion (sugesti) Adalah sebuah teknik memasuki pikiran bawah sadar dengan cara memasukan atau menanam sugesti positif ke dalam pikiran bawah sadar melalui ucapan setelah seseorang merasa rileks. Teknik ini umumnya melibatkan teknik-teknik yang digunakan dalam hypnosis. Jadi sangat jelas bahwa syarat auto suggestion adalah seseorang harus dalam keadaan rileks, terhipnotis, kondisi alpha, diri serta pikirannya telah siap menerima sugesti positif.
Jika sugesti tidak bisa dilakukan sendiri, maka bisa meminta pertolongan terapis ahli hipnotis, bisa juga dilakukan dengan bantuan musik dengan irama tertentu yang bisa membawa tubuh dalam kondisi santai. Jika kondisi santai telah tercapai maka terapis atau dirinya sendiri bisa mulai memberikan perintah kepada pikiran bawah sadarnya, setelah selesai kemudian dibangunkan kembali, maka sugesti telah tertananm dalam pikiran bawah sadar tadi akan melekat seolah software yang telah ditanam dalam dirinya.
4. Bahasa Alam Bawah Sadar
Alam bawah sadar ternyata memiliki bahasa tertentu yang bisa ditangkap dan difahami dan tentu saja akan memberikan efek kuat terhadap perilaku seseorang. Kita tidak bisa memberikan pencerahan terhadap alam bawah sadar kita jika tidak memahami bahasanya. Umumnya orang yang tidak memahami bahasa bawah sadar sering kali salah memberika respon atau perintah. Terkadang kalimat yang menurut pikiran sadar baik ditangkap oleh bawah sadar buruk, seolah olah mau membangun padahal menurut bawah sadar meruntuhkan.
Teknik bahasa bawah sadar saat ini sudah banyak dimanfaatkan secara luas oleh dunia bisnis terutama iklan demi mempengaruhi perilku konsumen.Salah astu teknik yang umum adalah dengan rangsangan visual seperti yang kita saksikan dalam iklan tv. Orang biasanya membeli produk yang pernah mereka lihat. Jikakita memahami dan mengerti bahasa alam bawah sadar, maka kita dapat memanfaatkannya untuk mengendalikan pikiran dan perasaan yang diarahkan demi mencapai kehidupan yang baik dan berkwalitas.
Jangan Anda meremehkan dan membiarkan kekuatan bawah sadar, karena kalau bukan Anda yang mengendalikan berarti pihak lain yang akan memanfaatkannya. Orang yang memahami kekuatan bawah sadarnya mampu menggali manfaat yang sangat luar biasa, sehingga dirinya berkembang menjadi pribadi yang kuat sukses. Perlu diketahui, bahwa kesuksesan seseorang akan sebanding dengan kesuksesan kepribadiannya.Kepribadian, kebiasaan dan karakter dibentuk secara dominan oleh bawah sadar. Orang yang mampu memanfaatkan kekuatan bawah sadarnya telah menjadi manusia yang mampu menyelesaikan masalah-masalah besar sehingga menjadi orang yang besar dan sebaliknya orang kerdil adalah orang yang mempermasalahkan masalah-masalah kecil. Anda termasuk yang mana.?

0 komentar:

Post a Comment

 
Bagikan